Jurusan Tinggi Peminat untuk Jenjang S2

Jurusan Tinggi Peminat untuk Jenjang S2 –  Beberapa dari mereka memilih jurusan dengan rtp slot beragam pertimbangan masing-masing. Mengingat sangat banyak jurusan S2 yang paling dicari ke depannya alias in demand hingga saat ini. Saat melanjutkan pendidikan S2, kamu akan bertemu dengan banyak penelitian yang bisa mengembangkan kemampuan intelektual. Selain itu, program pascasarjana juga termasuk kesempatan yang sangat bagus untuk menjalin koneksi baru. Kamu akan berdiri dalam sebuah kelompok untuk mengerjakan suatu proyek tertentu. Tentunya ini adalah hal baik karena koneksi yang terjalin saat studi S2 bisa membuka jalan dalam menempuh karir. Perusahaan mampu menyadari bahwa kemampuan serta wawasan yang kamu miliki merupakan nilai unggul yang membedakanmu dari yang lain. Karena pengambilan jurusan S2 saat kuliah harus memperhatikan motivasi serta kepedulian dengan problema terkini.

Management

Suatu bisnis yang baik pastinya membutuhkan pengaturan atau manajemen yang baik agar tetap berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Para ahli manajemen bisnis memiliki peran kunci dalam mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Mereka juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasi masalah agar bisa membuat keputusan yang strategis demi mengatasi tantangan dan mencapai hasil yang perusahaan inginkan. Maka dari itu para ahli manajemen lulusan S2 akan sangat dibutuhkan nantinya maupun sekarang.

Karena dengan adanya manajemen yang baik, perusahaan dapat beroperasi dengan lebih efektif, efisien, dan adaptif terhadap perubahan, serta mencapai tujuan. Sebagai seorang lulusan management, peluang karir kamu kedepannya akan banyak, berikut ini pilihannya:

  1. Marketing Manager
  2. Sales Manager
  3. Manager Operasional
  4. Akuntan
  5. Risk Management
  6. Product Development
  7. Analis Keuangan
  8. Quality Checker
  9. Supply Chain Manager

Financial Technology

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, saat ini pun bidang keuangan harus terus berinovasi. Kini banyak perusahaan bidang keuangan yang melakukan digitalisasi bisnis mereka. Dari sanalah lahir jurusan fintech atau financial technology.

Para ahli di bidang ini harus bisa memberikan pemahaman mendalam tentang konvergensi antara keuangan dan teknologi informasi kepada klien mereka. Dengan melakukan inovasi mereka harus bisa menciptakan dan mengembangkan solusi teknologi yang inovatif untuk menghadapi tantangan keuangan secara digital.

Ke depannya para ahli pada bidang financial technology akan sangat dicari. Hal ini didasari dengan perkembangan teknologi AI yang semakin merebak dan juga pasar uang digital seperti kripto, saham yang semakin diminati. Faktanya ada beberapa universitas terbaik yang menyediakan kuliah jurusan fintech untuk jenjang S2, apakah kamu berminat? Prospek pekerjaan setelah lulus fintech yang bisa kamu ambil cukup banyak, berikut beberapa di antaranya:

  1. Analis Fintech
  2. Manajer Proyek Fintech
  3. Spesialis Integrasi Sistem Fintech
  4. Ahli Teknologi Pembayaran Digital
  5. Analis Investasi Fintech
  6. Ahli Teknologi Keuangan yang Terdesentralisasi (DeFi)
  7. Ahli Regulasi Fintech
  8. Peneliti Inovasi Keuangan
  9. Pengawas dan Penegak Hukum Fintech

Mathematics & Statistics

Daftar terakhir dari jurusan S2 yang in-demand ini akan berkutat dengan hitung-hitungan dan data. Jurusan statistika dan matematika adalah salah satu bidang ilmu yang akan semakin dicari pada masa depan. Pasalnya saat ini kekuatan Informasi terbukti sangat berpengaruh, dan untuk mendapatkannya membutuhkan pengolahan data menggunakan metode statistik. Dengan menggunakan Statistik perusahaan akan terbantu dalam pengambilan keputusan dengan mengungkap pola serta tren yang ada saat ini. Ada banyak sekali pilihan pekerjaan yang bisa kamu pilih setelah lulus kuliah jurusan statistika dan matematika ini, yaitu:

  1. Analis Riset Pasar
  2. Aktuaris
  3. Konsultan Bisnis
  4. Penyusun Kebijakan Publik
  5. Pengembang Algoritma
  6. Data Scientist
  7. Analis Keuangan
  8. Ahli Statistik
  9. Guru Matematika

Law

Jurusan S2 yang in-demand selanjutnya ini tidak asing di telinga. Hukum memberikan kerangka kerja yang jelas dalam bentuk peraturan dan aturan yang mengatur perilaku individu dan interaksi antara individu dalam masyarakat. Tanpa hukum yang jelas, individu dan organisasi akan menghadapi ketidakpastian dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan berinteraksi dengan orang lain. Hal ini dapat menyebabkan konflik, kebingungan, dan ketidakadilan.

Maka dari itu ahli hukum akan in-demand ke depannya, apalagi para lulusan S2. Seorang lulusan jurusan hukum sangat dibutuhkan biasanya dalam proses penyelesaian sengketa yang formal, seperti melalui pengadilan atau arbitrase. Peluang karirnya pun sangat luas, nah berikut ini daftar peluang karir yang bisa diambil lulusan hukum:

  1. Advokat
  2. Notaris
  3. Hakim
  4. Jaksa
  5. Diplomat
  6. Polisi
  7. Legal Officer
  8. Kurator
  9. HRD

Artificial Intelligence

Jurusan kuliah S2 yang kedepannya gampang cari kerja selanjutnya ini juga berhubungan dengan teknologi. Apakah kamu tahu mengenai beberapa software seperti ChatGPT, Midjourney, Stable Diffusion yang saat ini menjadi topik perbincangan? Apakah kamu tahu kalau semua software tersebut adalah program kecerdasan buatan atau AI? Teknologi yang satu ini digadang-gadang sebagai pemicu fase Industri 5.0 dan akan terus berkembang dan sebentar lagi ada banyak penerapannya di Indonesia pada masa yang akan datang.

Faktanya, ternyata ada juga lho jurusan kuliah jenjang S2 di bidang AI. Jadi buat kamu yang saat ini lagi menggeluti bidang IT dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, maka jurusan artificial Intelligence ini bisa menjadi pilihan. Terdapat banyak sekali pilihan pekerjaan yang bisa kamu pilih setelah lulus nanti. Berikut ini peluang karir lulusan jurusan AI:

  1. Data Scientist
  2. AI Engineer
  3. Robotics Engineer
  4. Machine Learning Engineer
  5. Business Intelligence Developer
  6. Product Manager
  7. AI Data Analyst
  8. UX Designers/ Specialist
  9. Big Data Engineer

Hospitality

Hospitality masuk dalam jurusan S2 yang paling dicari ke depannya! Jurusan ini punya prospek karir yang menjanjikan. Selain merupakan bisnis yang berkembang pesat, hospitality juga merupakan bagian dari gaya hidup banyak orang. Cakupannya pun luas. Tidak hanya jurusan perhotelan, tetapi juga traveltourism, culinary, dan event.

Jika kamu sudah berpengalaman bekerja di bidang pariwisata, ataupun tertarik dengan gagasan untuk berkarir di bidang ini, kamu bisa mulai mempersiapkan diri untuk gelar Master di bidang Pariwisata dan Perhotelan. Kalaupun kamu lebih tertarik untuk mengatur perjalanan maupun kuliner bisa memilih travel atau culinary. Peluang karir yang bisa kamu ambil dari jurusan hospitality cukup banyak, ini dia pilihannya:

  1. Manajer Restoran
  2. Manajer Operasional Pariwisata
  3. Manajer Hotel
  4. Chef
  5. Pramugari
  6. Event Planner
  7. Direktur Pariwisata Daerah
  8. Business Development Bidang Pariwisata
  9. Entrepreneur F&B

Design

Bidang desain adalah bidang yang hingga saat ini high demand dan kompetitif. Sesuatu yang attractive tentu bisa menarik banyak minat dan hal tersebut berguna sebagai kebutuhan brand maupun market. Bagi kamu yang bersemangat dengan seni, suka mengutak atik model, atau membuat sesuatu serta mempercantik dan membuatnya terlihat appealingdesign bisa menjadi pilihan kuliah jurusan S2 kamu.

Banyak lulusan S2 dari berbagai spesialisasi design yang menjadi incaran perusahaan saat ini seperti jurusan DKV. Mulai dari desainer visual, konten, hingga desainer busana. Kamu yang passionate dengan estetika visual bisa memilih jenis spesialisasi sesuai keinginan, seperti; graphics designer, advertising editor, fashion designervisual artist, dan masih banyak lagi. Pilihan prospek karirnya pun beragam, berikut ini pilihannya:

  1. Desainer Grafis
  2. Ilustrator
  3. Animator
  4. Editor Media
  5. Creative Director
  6. Fotografer
  7. Desainer Interior
  8. UI Designer
  9. Komikus
  10. Product Developer
  11. Brand Communication Specialist
  12. Advertiser
  13. Visual Merchandiser

Business

Bisnis adalah salah satu jurusan S2 popular dan favorit, baik sekarang maupun nanti. Karena prinsip ekonomi tidak akan pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Dengan bisnis, penerapan keduanya tentu juga akan selalu digunakan dan dibutuhkan sampai kapan pun dalam setiap aspek dan industri tanpa terkecuali. Oleh karena itu, bisnis selalu menjadi salah satu bidang yang terus dan tetap dicari hingga detik ini.

Untuk kamu yang menyenangi bidang bisnis bisa menggeluti bidang ini di tahap S2. Kamu bisa memilih jurusan master seperti Marketing, Risk Management, Supply Chain and Logistics, Digital Economy, business management dan masih banyak lainnya. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan maupun rencana fokus karir ke depannya. Untuk peluang karirnya sendiri pun sangat beragam, seorang lulusan bisnis bisa bekerja sebagai:

  1. Marketing Manager
  2. Sales Manager
  3. Manager Operasional
  4. Akuntan
  5. Supply Chain Manager
  6. Product Development
  7. Risk Analyst
  8. Business Development Specialist
  9. Entrepreneur

Software Engineering

Software engineering adalah salah satu jurusan S2 yang paling dicari dan Raja SGP Toto gampang mendapatkan pekerjaan saat ini. Setiap industri atau perusahaan yang bergerak di bidang apapun harus mengikut perkembangan zaman yang semakin mengandalkan teknologi. Aset-aset digital tersebut beraneka ragam, mulai dari website, aplikasi, ataupun program automasi lainnya.

Semua hal tersebut tidak bisa berdiri secara mandiri tanpa bantuan seorang tenaga ahli khusus yang memang kompeten dalam membuatnya. Maka dari sanalah seorang lulusan software engineering akan dibutuhkan, apalagi mereka yang sudah membuktikan kemampuannya dengan lulus kuliah S2 dan mendapatkan predikat master. Nah berikut ini beberapa prospek kerja jurusan software engineering yang bisa kamu pilih:

  1. Software Engineer
  2. Data Engineer
  3. Cloud Engineer
  4. Software Tester/QA
  5. Game Developer
  6. Mobile App Developer
  7. Embedded Systems Engineer
  8. Software Project Manager
  9. Konsultan IT

Computer Science

Hidup di era digital, semakin banyak jurusan S2 yang akan dicari starlight princess slot di masa depan nanti. Apalagi saat ini dunia yang semakin tergantung pada komputer dan teknologi canggih, mendorong permintaan akan lulusan Computer Science. Orang-orang dengan gelar ini memiliki keterampilan khusus yang memungkinkan mereka untuk bekerja dalam beragam industri yang melakukan berbagai fungsi.

Mereka dapat berfungsi sebagai personel dukungan teknis atau bekerja di departemen TI di perusahaan besar. Contohnya saja seperti perusahaan-perusahaan rintisan di Indonesia, alias startup berbau teknologi sedang berkembang pesat. Terlebih dengan Indonesia yang mulai mendorong kemajuan industri kreatif berbasis teknologi, dibutuhkanlah para pekerja dengan keahlian yang mumpuni. Untuk alasan ini, sebagian besar universitas banyak yang menawarkan bermacam-macam spesialisasi Computer Science seperti; IT Security, Video Games & Multimedia, Data Science, dan lainnya. Contoh pekerjaannya? ada banyak! Berikut ini peluang karir lulusan S2 computer science:

  1. App Developer
  2. Website Developer
  3. IT Consultant
  4. UI/UX Designer
  5. Backend Developer
  6. Front-end Developer
  7. Data Engineer
  8. Cyber Security Engineer
  9. IoT Consultant

 Engineering

Engineering adalah salah satu gelar pascasarjana paling populer hingga saat ini dan seterusnya. Dalam dunia kerja, permintaan insinyur profesional ataupun engineering graduates memang meningkat setiap tahun. Bagaimana tidak? Berbagai jurusan teknik selalu lekat dengan perusahaan, bahkan start up, ataupun industri. Mulai dari infrastruktur, mesin untuk efisiensi, manufaktur, sistem manajemen industri, telekomunikasi, robotik, hingga energi—semuanya memiliki keterkaitan dengan teknik.

Hampir seluruh universitas di dunia juga menawarkan banyak spesialisasi di bidang engineering. Kamu bisa memilih untuk melanjutkan kuliah jurusan S2 di bidang Mechanical Engineering, Electrical Engineering, Biomedical Engineering, ataupun spesialisasi teknik lainnya. Karena perusahaan mencari calon pekerja dengan kemampuan yang mumpuni, di sinilah kamu dengan seluruh wawasan serta skill yang didapatkan semasa S2 akan dicari dan dibutuhkan! Berikut ini beberapa peluang kerja lulusan engineering:

  1. Analis Data
  2. Pengawas Proyek
  3. PPIC
  4. Drafter
  5. Data Scientist
  6. Technical Writer
  7. Spesialis Logistik
  8. Kontraktor
  9. Arsitek

 Psychology

Salah satu jurusan S2 yang paling dicari sekarang karena trend di kalangan anak muda, pasti sudah kamu ketahui. Sejak beberapa tahun silam orang-orang di seluruh dunia sudah mulai sadar akan betapa pentingnya kesehatan mental. Betapa tidak, berdasarkan penelitian The American Insitutes of Stress pada 2022 terdapat 33% orang dari seluruh dunia mengalami stres yang masuk pada level ekstrim. Jadi para tenaga ahli di bidang psikologi yang sudah masuk level master (S2) akan sangat dicari ke depannya. Apa saja sih prospek pekerjaan lulusan S2 Psikologi? Yuk, simak di bawah ini.

  1. Psikolog
  2. Guru BK
  3. Management Trainee
  4. General Affair
  5. Psikiater Pribadi
  6. HRD
  7. Criminal Profiler
  8. Terapis Mental Anak
  9. Konsultan SDM