CALON ATLM MASA DEPAN!

Punya Cita-Cita Sebagai ATLM, Kenapa Tidak?


        Imatelki Jaya! Jaya! Jaya!

        Haloo.. teman-teman Imatelki se-Nusantara!

        Teman-teman semuanya apakah masih asing dengan profesi ATLM atau Ahli Teknologi Laboratorium Medik? Mungkin buat teman-teman mahasiswa TLM sudah tidak asing lagi ya, tapi tidak dapat dipungkiri di kalangan masyarakat umum profesi ATLM masih terdengar asing. Buat teman-teman ATLM yang sudah bekerja atau mahasiswa TLM tingkat akhir yang sudah menjalani Praktik Kerja Lapangan di fasilitas kesehatan rasa-rasanya sudah tidak heran lagi seringkali salah disebut sebagai "suster atau dokter" ya? Betul apa betul nih? Jadi, sebenarnya profesi ATLM itu apa sih?

            Ahli Teknologi Laboratorium Medik adalah setiap orang yang telah lulus pendidikan Teknologi Laboratorium Medik atau analis kesehatan atau analis medis dan memiliki kompetensi melakukan analisis terhadap cairan dan jaringan tubuh manusia untuk menghasilkan informasi tentang kesehatan perseorangan dan masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

            ATLM merupakan profesi yang sangat penting karena hasil laboratorium yang dikeluarkan akan memengaruhi diagnosa penyakit oleh dokter. Begitu pula saat pandemi covid-19 ini, ATLM memiliki peran yang sangat vital karena menjadi profesi yang membantu skrinning dini virus covid-19. Buat teman-teman yang sering mendengar tes rapid antigen covid-19 atau tes PCR sebelum naik pesawat, yang melakukan pengambilan sampel itu adalah ATLM. Jangan salah sebut lagi ya, hehe!

            Melihat perkembangan tenaga medis di era sekarang dan betapa pentingnya profesi ATLM, maka tidak akan salah jika anak-anak muda penerus bangsa memiliki cita-cita untuk menjadi ATLM. Seperti adik Tiara Hanum Larasati, siswi SMP Negeri 3 Sawit Salatiga yang bercita-cita sebagai ATLM. Adik Tiara pertama kali membuat geger dunia pendidikan TLM tentang pernyataannya yang viral ketika ditanya oleh Bapak Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah saat beliau berkunjung ke SMP Negeri 3 Sawit Salatiga. Bapak Ganjar Pranowo bertanya kepada Tiara, "Apa cita-cita adik ke depannya.", lalu adik Tiara menjawab bahwa ia ingin menjadi ATLM karena termotivasi oleh bibinya yang berprofesi sebagai ATLM. Wah, ternyata profesi ATLM sangat menarik dan keren ya! Gimana nih, apa teman-teman masih ragu untuk bercita-cita sebagai ATLM?

            Oleh karena itu, kami pengurus Imatelki bersama Ikatan Alumni Imatelki berkolaborasi untuk memberikan apresiasi kepada adik Tiara Hanum Larasati. Apresiasi ini diberikan langsung oleh Ketua Umum DPP Imatelki Muhammad Nur Syahbani bersama rekan kami DPW Imatelki Jawa Tengah ke Salatiga. Harapan besar bagi kami, semoga apresiasi ini dapat memberikan semangat dan motivasi yang baik untuk adik Tiara ke depannya. Harapan kami pula, semoga ke depannya semakin banyak penerus bangsa yang tidak ragu untuk mengabdi menjadi ATLM Indonesia.


Dokumentasi penyerahan apresiasi kepada adik Tiara :







            



Copyrights @ IMATELKI -