Hidup Sehat Mulai dari Hal Sederhana : Berjalan Kaki ( DPW Jawa Barat)


Berjalan kaki merupakan salah satu aktivitas yang sangat sederhana nan berguna. Aktivitas ini merupakan aktivitas harian hampir tiap orang. Meskipun olahraga ini tergolong sederhana, nyatanya memiliki banyak manfaat yaitu selain murah, mudah, dan aman, juga dapat mencegah timbulnya penyakit-penyakit degeneratif penyebab kematian. Namun, sangat disayangkan bahwa kebanyakan orang pada jaman sekarang memilih untuk menggunakan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi dibanding berjalan kaki walaupun pejalanan yang akan ditempuh cukup dekat, hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dari masyarakat tentang manfaat berjalan kaki.

Hidup sehat merupakan keinginan dan harapan bagi setiap manusia. Tak hanya sehat secara rohani, namun juga sehat secara jasmani. Berjalan kaki merupakan salah satu aktivitas fisik yang juga merupakan olahraga. 
Apa saja manfaat dari berjalan kaki?
1.      Mengurangi Metabolic Syndrome
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Duke University Medical Center baru-baru ini ditemukan bahwa berjalan kaki 30 menit dalam sehari dapat mengurangi metabolic syndrome, yaitu salah satu penyebab tingginya risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke yang akan menyebabkan kematian. Sebanyak 24 juta perempuan di AS menderita metabolic syndrome. Sementara itu dalam sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa dengan berjalan kaki selama setengah jam dalam sehari dapat mengurangi bahaya penyakit jantung sebesar 11%, terutama bagi perempuan.
2.      Mengurangi Resiko Terkena Kanker Payudara
Penelitian lain yang dipublikasikan oleh Journal of the American Medical Associationmenyebutkan bahwa berjalan kaki selama beberapa jam dalam waktu satu minggu dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Karena ketika berjalan kaki, lemak yang ada pada perempuan akan berkurang dan menjadi sumber estrogen.
3.      Mengurangi Berat Badan
Berjalan kaki selama 30-40 menit per hari dapat mengurangi berat badan. Penelitian yang dilakukan oleh Brown University dan University of Pittsburgh menyebutkan bahwa perempuan yang berjalan kaki satu jam selama lima hari dalam satu mingu dan mengkonsumsi 1.500 kalori tiap hari, dapat mengurangi berat badan sebanyak 11,3 kilogram dalam setahun. Jadi dengan jalan kaki anda bisa menghindari obesitas yang sering memicu berbagai penyakit. (Bumgardner, 2009).
4.      Mengurangi Gejala Osteoporosis
Manfaat lain dari berjalan kaki yaitu mengurangi gejala osteoporosis, karena dengan berjalan kaki, tulang akan menjadi lebih kuat sehingga mampu menahan beban tubuh. Dengan berjalan kaki 10.000 langkah sebagai salah satu terobosan menuju Indonesia Sehat adalah salah satu upaya untuk mengurangi resiko osteoporosis. (National Institute of Health (NIH), 2000)
5.      Mencegah Diabetes
Dengan membiasakan berjalan kaki selama 50 menit, ternyata dapat menunda atau bahkan mencegah diabetes khususnya diabetes tipe 2, terutama pada orang-orang yang memiliki tubuh gemuk.
6.      Memperbaiki Kualitas Tidur
National Sleep Foundation menyebutkan bahwa berjalan cepat di sore hari akan membuat tidur lebih nyenyak. Para ahli mengatakan bahwa berjalan kaki akan meningkatkan hormon serotonin yang memebuat anda akan merasa lebih nyaman. Akan tetapi hindari berjalan kaki dua jam sebelum tidur.
7.      Mengurangi Rasa Sakit atau Nyeri
"Berjalan kaki akan mengurangi risiko cedera atau kram dan membuat tubuh Anda terasa lebih baik," ujar instruktur kesehatan Alice Peters Diffely. Berjalan kaki secara cepat atau berjalan kaki di dalam kolam renang akan mengurangi keluhan nyeri encok. Namun aktivitas ini bagi penderita encok harus dilakukan secara berselang-seling, dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada sendi untuk memulihkan diri.
8.      Membuat Bahagia
Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas menyimpulkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bisa mengurangi depresi dan stres.
9.      Awet Muda
Dengan berjalan kaki, akan menjadikan otak lebih aktifkarena asupan oksigen kedalam sirkulasi darah akan berjalan dengan baik. Sehingga kekuatan untuk berpikir pun tidak terganggu.

Ternyata banyak sekali manfaat berjalan kaki yang tidak kita sadari. Memulai kebiasaan hidup sehat itu tidaklah sulit dan  dapat dimulai dari hal yang sedehana.
Jadi, masih malaskah kamu untuk berjalan kaki?

Copyrights @ IMATELKI -