DPP IMATELKI : Rakernas-1 IMATELKI

Babak baru dalam sejarah IMATELKI sudah dimulai dan siap untuk mengukirkan tinta emas dalam kanvas kehidupan. Masih ingat dibenak tentang IMATELKI? Organisasi ini berdiri pada tanggal 15 April 2012 yang lalu bertempat di Gedung Auditorium Universitas Setia Budi, Surakarta. IMATELKI adalah Ikatan Mahasiswa Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia yang digagas oleh A.R. Asrari Puadi yang sekarang menjabat sebagai Ketua DPP Imatelki. Selintas mengingatkan, berdirinya organisasi ini diresmikan oleh Ketua DPP Patelki Pusat Bapak Entuy Kurniawan, S.Si, MKM. Sedangkan Patelki adalah Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Indonesia, sebagai bapak yang memayungi keberadaan IMATELKI itu sendiri. 

Sabtu, 8 september 2012 telah diadakan seminar oleh DPW IMATELKI DKI Jakarta bertemakan “Satu Visi dan Misi Menuju Indonesia Sehat yang Lebih Baik”. Bertempat di Gedung Auditorium Anggatra Pusdikkes Kodiklat TNI AD, Jl. Raya Bogor-Kramat Jati, Jakarta Timur. Seminar tersebut dihadiri oleh lebih dari 250 orang. Tema yang diangkat menitikberatkan pada peran mahasiswa untuk kesehatan Indonesia agar dapat lebih maju baik dari sarana, pelayanan dan keterjaminan pemenuhan hak dasar masyarakat dalam bidang kesehatan yang masih menjadi isu hangat. Melihat berbagai macam permasalahan di Indonesia salah satunya kesehatan dimana kesehatan itu sendiri merupakan salah satu indikator atau tolak ukur kemajuan sebuah negara, oleh karenanya sebagai mahasiswa perlu untuk turut berkontribusi membantu memecahkan masalah tersebut dan memajukan Indonesia terkhusus di bidang kesehatan. 

Seminar dimulai pukul 09.00 WIB yang dibuka oleh sambutan dari Dirjen BUK (Bina Upaya Kesehatan) Kemenkes. Dan dilanjutkan dengan penampilan tarian adat dari Betawi dan Bali. Ada 4 agenda penting yang diusung pada acara seminar itu, diantaranya pelantikan DPP IMATELKI, pelantikan DPW IMATELKI DKI Jakarta, Rakernas pertama IMATELKI dan seminar itu sendiri. Acara diawali dengan pelantikan DPP IMATELKI oleh Ketua DPP PATELKI Bapak Entuy Kurniawan, S.Si, MKM. Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan DPW IMATELKI DKI Jakarta oleh Ketua DPP IMATELKI.

Acara seminar tersebut dihadiri oleh Dirjen BUK Kemenkes, Dirjen Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan Kemenkes, Ketua DPP PATELKI Pusat, Kajur dari setiap kampus Analis Kesehatan se-DKI Jakarta, dan para pembicara. 

Pembicara yang pertama adalah Bapak Entuy Kurniawan, S.Si, MKM tentang legalisasi analis kesehatan Indonesia. Dilanjutkan oleh Ibu Dwi Lestari, AMAK, S.ST dari Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia tentang sertifikasi profesi analis kesehatan. Beliau bicara mengenai seperti apa sertifikasi seorang analis kesehatan sesuai dengan keputusan pemerintah. Dan pembicara yang terakhir adalah dr. Astuti giantini, Sp.PK tentang ketidaksesuaian hasil pemeriksaan laboratorium, dimana diungkapkan apa saja yang kemungkinan besar dapat menjadi faktor-faktor penyebab kesalahan hasil pemeriksaan laboratorium. 

Disamping seminar, DPW IMATELKI DKI Jakarta juga sebagai panitia penyelenggara kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IMATELKI yang untuk pertama kalinya diadakan Rakernas IMATELKI di Yayasan Dharmais Balai Pendidikan dan Latihan Bogor dengan jumlah peserta sebanyak 34 anggota. Masing-masing anggota merupakan perwakilan dari tiap daerah diantaranya dari Poltekkes Kemenkes Jakarta 3, Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, Poltekkes Kemenkes Jogjakarta, Poltekkes Kemenkes Semarang, Poltekkes Kemenkes Banten, Stikes Wira Medika Bali, AAK Pekalongan, AAK Manggala Jogjakarta, IIK Kediri, Kesosi Jakarta, Universitas Setia Budi Surakarta, AAK Nasional Surakarta, dan Stikes MH Thamrin Jakarta. Proses rakernas yang panjang menghasilkan beberapa keputusan diantaranya pembuatan KTA (Kartu Tanda Anggota) , perluasan wilayah mencakup pembentukan DPC, kurikulum pengkaderan, kegiatan ilmiah nasional, pra kongres dan penunjukan tuan rumah kongres 2 IMATELKI di Jogjakarta bulan April-Mei.

See you there brothers and sisters!

Selamat kepada anggota DPP IMATELKI dan DPW DKI Jakarta yang telah dilantik,

Semoga dapat mengemban tugas dan kewajiban dengan penuh dedikasi,

IMATELKI JAYA! JAYA!







Copyrights @ IMATELKI -